Kamis, 18 Agustus 2011

mitos 1000 origami burung bangau


Origami adalah sebuah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Seni melipat kertas ini dipercayai bermula sejak keras diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh 
Ts’ai Lun.



Ada mitos dari jepang, kalau bisa membuat 1000 buah origami burung bangau ini, dan diberikan ke orang atau temen atau keluarga yang sakit, konon katanya orang tersebut akan sembuh.
Cerita dari Mitos itu :


pada waktu zaman Perang Dunia II di Jepang, hiduplah seorang gadis kecil namanya Sadako Sasaki. dia menderita penyakit leukimia akibat radiasi nuklir yang terjadi pas perang dunia II itu. menurut kepercayaan jepang, SENBAZURU atau burung bangau itu adalah hewan yang dianggap suci karena dapat hidup sampai ribuan tahun.maka dari itu, siapa yang bikin 1000 origami senbazuru, arwah burung bangau akan mengabulkan keinginannya. Sadako percaya dengan mitos itu. ia pun membuat 1000 origami senbazuru. tetapi, di suatu pagi tanggal 25 Oktober 1995, Sadako menghembuskan nafasnya yang terakhir dengan meninggalkan 664 orizuru yang telah dia buat. Kawan-kawannya di sekolah pun melanjutkan melipat orizuru hingga berjumlah 1000. Hal itu dilakukan untuk mengenang sahabat baik mereka, Sadako Sasaki. Tak berhenti sampai di situ. Kawan-kawan Sadako juga mengumpulkan dana untuk membangun sebuah monumen peringatan untuk Sadako dan seluruh anak yang meninggal dunia karena efek bom atom. tahun 1958 sebuah monumen berbentuk patung Sadako sedang memegang orizuru didirikan. Di monumen tersubut terdapat tulisan “This is our cry. This is our prayer. Peace in the world”. Setiap tahun monumen ini dikunjungi oleh ribuan orang, dan mereka selalu meletakkan orizuru (burung bangau kertas) di sekitar patung tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar